Senin, 12 Oktober 2015

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 30 menit



(Pejaten, 13/10/2015) Jumantik, singkatan dari Juru Pemantau Jentik Nyamuk. Petugas Jumantik berasal dari warga di lingkungan sekitar yang secara sukarela mau bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan jentik nyamuk demam berdarah Aedes aegypti dan Aedes albopictus di wilayahnya. Selesai bertugas para Jumantik harus melaporkan ke Kelurahan atau Desa masing-masing secara rutin dan berkesinambungan. Pemantauan jentik dilakukan satu kali dalam seminggu (biasanya hari Jumat) pada pagi hari. Relawan Jumantik sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari dinas terkait. Mereka juga dalam tugasnya dilengkapi dengan tanda pengenal, dan perlengkapan berupa alat pemeriksa jentik seperti cidukan, senter, pipet, wadah-wadah plastik, dan alat tulis.


Tugas para Jumantik dalam kegiatan memantau wilayah tersebut adalah:
  1. Memeriksa keberadaan jentik nyamuk pada tempat-tempat penampungan air di dalam dan di luar rumah, dan tempat-tempat yang dapat tergenang air. Apabila dijumpai jentik dan keadaannya tidak tertutup, maka petugas mencatatnya sambil memberikan penyuluhan agar dibersihkan dan ditutup rapat. Untuk tempat-tempat air yang sulit dikuras dan dibersihkan seperti tangki air biasanya tidak diperiksa, tetapi diberikan bubuk larvasida atau pembunuh jentik, tiga bulan sekali.
  2. Memberikan peringatan kepada pemilik rumah agar tidak membiarkan banyak tumpukan pakaian atau banyak pakaian yang tergantung di dalam rumah. Ketiga, Mengecek kolam renang dan kolam ikan agar bebas dari jentik nyamuk. Keempat, Memeriksa rumah kosong atau tidak berpenghuni untuk melihat keberadaan jentik nyamuk pada tempat-tempat penampungan air yang ada.
Tujuan dari pelaksanaan Jumantik ini adalah untuk menurunkan kepadatan atau populasi nyamuk penular penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) dan jentiknya dengan PJB dan PSN, melalui penyuluhan dan kegiatan langsung di masyarakat secara terus menerus.

Relawan Jumantik RW.05 Kelurahan Pejaten Timur, yaitu: Agustina Nurhayati; Hj. Tasmah; Hindun; Sumiati; Siti Lestari; Siti Nurhikmah; Nurjanah; Ismalia; Asiah; Hartati; Saiyah; Ngatini; Rohimah; dan Mulyati.

Jum’at, 9 Oktober 2015, kegiatan PSN dan Jumantik bertempat di RT.007/05 Kelurahan Pejaten Timur. Hadir dalam kesempatan itu, antara lain: Wakil Camat Pasar Minggu (Bapak Ujang Harmawan); Lurah Pejaten Timur (Ibu Kurnia Rita); Ketua Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu; LMK RW.05; Ketua RW.05; Ketua RT di lingkungan RW.05; Koordinator Jumantik RW.01 s.d. RW.011; para Kader Jumantik RW.05 serta  mahasiswi dari Universitas Mustopo Beragama. (rahman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar