Minggu, 27 Desember 2009

KTP Mobile

Pemprov DKI Luncurkan KTP Mobile

Ada enam mobil KTP Mobile di lima wilayah DKI Jakarta.

JAKARTA -- Pemprov DKI meluncurkan layanan perpanjangan KTP Mobile di lima wilayah DKI. Layanan tersebut memudahkan warga untuk mengurus perpanjangan KTP-nya, tanpa butuh waktu khusus untuk mendatangi kantor kelurahan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI, Frangky Mangatas Pandjaitan menyatakan, selama ini ada kecenderungan warga yang enggan mengurus KTP mereka yang habis masa berlakunya. ''Mereka selalu mengeluh tak memiliki waktu untuk mengurus,'' katanya pada acara peluncuran KTP Mobile di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, Ahad (27/12).

Pelayanan KTP Mobile tersebut mirip dengan layanan SIM keliling. Dengan sebuah mobil, petugas mendatangi setiap kelurahan pada Sabtu dan Ahad. Pada mobil tersebut, sejumlah perangkat administrasi telah disiapkan. ''Kami sediakan operator komputer dan administrasi dari setiap Sudin Kependudukan yang sudah mendapatkan pelatihan khusus dari Dinas Kependudukan,'' ujarnya.

Di lapangan, para petugas tersebut akan dibantu oleh pegawai kelurahan. ''Bahkan lurahnya pun stand by di lokasi untuk memberikan tanda-tangan,'' ujarnya.Saat ini terdapat enam mobil KTP Mobile yang disediakan di lima wilayah kota administratif Jakarta. Satu mobil disiagakan di Kantor Dinas Kependudukan. Pada setiap mobil terdapat empat orang petugas yang akan membantu warga mengurus KTP-nya.

Layanan KTP yang diberkan pun sudah menuju pada aplikasi single identity number (SIN) yang hingga kini konsepnya masih di bahas di pemerintah pusat. ''Kami sudah terapkan NIK Nasinal, NIK tersebut tidak akan berubah sampai mereka meninggal dunia,'' ujar Franky.
Menurutnya, layanan diberikan saat ini, tidak akan berubah ketika SIN resmi diberlakukan nanti. Seluruh kelurahan di Jakarta Pusat menyediakan fasilitas NIK Nasional. Selain itu, layanan juga sudah mencakup pembuatan foto KTP dan sidik jari.

Semua layanan yang diberikan lanjut Franky, tidak dipungut biata. ''Biaya yang dipungut hanya denda keterlambatan perpanjangan KTP,'' katanya. Jadwal kedatangan KTP mobile tersebut ke setiap kelurahan dapat diketahui warga melalui kelurahan. Jadwal juga bsia diakses secara online melalui situs resmi Pemprov Jakarta, www.jakarta.go.id atau www.kependudukancapil.go.id.

Pemprov DKI menanggarkan Rp 2 miliar untuk pengadaan enam mobil KTP Mobile tersebut. Dana berasal dari APBD perubahan DKI 2009. 'Selanjutnya pada 2010 kami anggarkan lagi,'' ujarnya. Menurutnya, tahun depan akan ada enam mobil KTP Mobile lagi yang akan beroperasi. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menyatakan, keberadaan KTP Mobile ini sangat membantu urusan kependudukan di DKI. ''Saya harap, di tahun-tahun mendatang, tak hanya perpanjangan KTP yang bisa dilayani oleh mobil tersebut, tetapi juga pembuatan kartu keluarga serta akta kelahiran,'' tuturnya.

Sementara, warga ibu kota tampak antusias dengan adanya layanan baru ini. Hal ini terlihat saat peluncuran KTP Mobile di Balai Rakyat, Jl Bintaro Permai III RW 09, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Ahad (27/12). Warga datang berduyun-duyun ke mobil pelayanan tersebut. 'Pengurusannya lebih cepat dan kita tak perlu membawa foto dan lain-lain, kan KTP penting buat ngurus-ngurus segala macam,'' tutur Jumeni (66) warga RT 08 RW 09, Bintaro.
Hal senada juga di ungkapkan Zaenal (30) petugas Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan. ''Saya bekerja setiap hari sehingga sulit untuk memperpanjang KTP. Jika pada Sabtu dan Ahad waktu bekerjanya lebih singkat jadi bisa mengurus karena lebih cepat,'' ujarnya.

Antusiasme warga ini diakui Kepala Suku Dinas Jakarta Selatan, Valentino. Ia mengatakan sebenarnya target warga yang mendaftarkan KTP ini sekitar 10 orang, tetapi ternyata lebih dari 30 orang. ''Untuk ketua RT dan RW diharapkan mempermudah dalam memberikan surat pengantar kepada warga. Karena kami hanya melayani jika ada surat pengantar dari RT dan RW,'' jelasnya. c09/c12 ed: maghfiroh

Sumber: Senin, Republika, 28 Desember 2009 pukul 11:54:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar