Senin, 28 Desember 2009

PPMK Tahap III Digulirkan

JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) tahap ketiga. Kali ini pemprov akan menyalurkan dana sebesar Rp 19 miliar. Dana sebesar itu akan diperuntukkan bagi 36 kelurahan di wilayah DKI Jakarta.

Gubernur DKI, Fauzi Bowo, berahrap dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh setiap kelurahan yang memperoleh dana itu. ''Jangan hanya parkir, tapi manfaatkan untuk kegiatan yang berguna bagi masyarakat,'' katanya dalam acara penyerahan dana PPMK Tahap III di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, Ahad (27/12).

Menurutnya, setiap pengelola dana PPMK harus siap diaudit setiap tahunnya. Hal tersebut harus dilakukan untuk melihat sejauh mana dana tersebut digunakan demi kemaslahatan warga. ''Ini bukan hibah, setiap kelurahan harus mempertanggungjawabkan dana yang diberikan tersebut,'' ujarnya. Menurut Fauzi, bila dana tersebut tidak disalurkan tepat sasaran, maka dana tersebut dapat ditarik kembali.

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta No 96 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Dana Bergulir PPMK dan Pergub No 24 Tahun 2009 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan dana PPMK disebutkan bahwa pengelola dana ialah lembaga berstatus hukum berupa koperasi. Kebijakan tersebut seiring dengan adanya perubahan yang sebelumnya dana tersebut dikelola oleh dewan kelurahan (dekel).

Ketua Dewan Kelurahan Petamburan, Edy Az menyatakan bahwa dana PPMK yang diperoleh kelurahannya akan dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan setapak lingkungan yang kondisinya rusak akibat banjir. ''Kami juga akan menggunakannnya untuk mengembalikan fungsi saluran sekunder yang menuju ke kali,'' ujarnya. Pembenahan sejumlah fasilitas publik tersebut menurutnya akan dilakukan dengan bekerja sama dengan Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jakarta Pusat.

Hingga kini sudah ada 88 kelurahan di DKI yang sudah mendapatkan dana PPMK. Sebanyak Rp 46 miliar dari APBD DKI 2009 telah disalurkan. Sebelumnya, pemprov telah mencairkan dana PPMK tahap pertama sebesar Rp 7,98 miliar pada Jumat (30/10) untuk 16 kelurahan. Kemudian, pada Rabu (25/11) pemprov kembali menyalurkan PPMK Tahap II sebesar Rp 19,328 miliar untuk 36 kelurahan di DKI.

''Selanjutnya pada 2010 nanti, saya harap semua kelurahan di DKI bisa memperoleh bantuan ini,'' ujarnya. Hal ini diperlukan mengingat masih terdapat 179 kelurahan lagi yang masih belum tersentuh dana tersebut. c09 ed: maghfiroh

Sumber: Republika On-line, Senin, 28 Desember 2009 pukul 11:51:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar